Kamis, 10 November 2011

SUKA MEMBACA???? KENAPA TIDAK…..

Dahulu pada saat saya masih kecil saya sangat suka sekali membaca. Itu bukan karena kemauan orang tua saya atau dipaksa oleh orang tua saya. Itu terlihat dari ketika saya ingin tidur. Dahulu saya kalau sebelum tidur selalu membaca buku terlebih dahulu baru tidur. tidak hanya buku cerita anak- anak saja yang saya baca, tetapi semua buku bisa saja saya baca. Kalau tidak membaca buku terlebih dahulu saya tidak akan bisa tidur. Waktu itu pernah sampai idak ingin tidur karena tidak ada buku bacaan yang bisa saya baca. Tetapi karena sekarang sudah jarang membaca, jadi sekarang saya kurang suka atau kurang berminat pada buku bacaan apa saja. Seharusnya sih kalau dari kecil sudah suka membaca harus dipertahankan juga sampai sekarang karena membaca buku itu kegiatan yang bagus.. asal jangan sampai menjadi kutu buku saja..hhhhehheee…..

Seharusnya budaya membaca itu harus ditanamkan oleh orang tua kepada anaknya sejak dini agar anak- anak dapat lebih suka membaca. Tetapi orang tua juga harus selektif bacaan mana yang cocok untuk umur anak- anak nya, jangan sampai anak- anak itu salah membaca buku yang seharusnya diperuntukkan untuk orang dewasa. Karena anak- anak itu sangat mudah meniru dan mengingat apa yang telah dibaca dan dilakukan oleh orang lain. manfaat membaca itu sangat penting. Manfaatnya adalah untuk menambah ilmu dan pengetahuan, dapat menjadi hobi yang bersifat positif, dapat menambah wawasan, dan dapat mengetahui informasi terbaru yang sedang berkembang.

Budaya membaca itu juga dapat diterapkan oleh pemerintah kepada rakyatnya. Hal ini harusnya dapat dilakukan oleh pemerintah, agar tidak ada lagi rakyat yang tinggal di pedalaman dianggap orang – orang yang bodoh. Karena selama ini orang – orang yang tinggal di pedalaman selalu saja ketinggalan informasi, kekurangan ilmu dan pengetahuan bahkan ada juga yang belum bisa membaca padahal umurnya juga sudah memenuhi untuk dapat membaca. Budaya membaca ini kurang diminati karena kurangnya juga buku- buku bacaan. Harusnya kita yang kebutuhannya tercukupi jika ada buku- buku bacaan yang sudah tidak kit abaca lagi dapat di sumbangkan kepada orang – orang yang tidak mampu, agar mereka juga dapat memperoleh ilmu yang sama dengan kita.

0 komentar:

Posting Komentar