Rabu, 14 Desember 2011

menghemat uang dengan cara ku...

Mengatur uang dengan cara memprioritaskan kebutuhan itu penting agar keuangan kita tidak cepat habis dan membuat kita tidak boros dalam menggunakan uang. Karena anak- anak jaman sekarang sering kali boros dalam menggunakan uang. Mereka seperti itu karena mereka tidak merasakan susahnya mencari uang. Dahulu saat saya masih SMP atau SMA jika dikasih uang selalu saja habis, itu karena saya masih belum bisa untuk mengatur keuangan saya dengan cara memprioritaskan kebutuhan saya. Tetapi setelah masuk kuliah saya diajarkan untuk mengatur keuangan saya walaupun saya dikasih uang nya harian tidak bulanan. Dengan dikasih uang harian itu saya menyisihkan sedikit uang untuk ditabung. Walaupun hanya sedikit tetapi lama kelamaan uang itu akan menjadi banyak jika saya rutin menabungnya. Walaupun menabungnya hanya dua ribu atau lima ribu. Dan uang tersebut saya gunakan untuk kebutuhan – kebutuhan saya, agar saya tidak merepotkan orang tua dengan meminta – minta uang lagi. Dan disamping itu saya juga berusaha untuk tidak boros dalam menjajankan uang saya. Jika menurut saya itu tidak terlalu penting, saya berusaha untuk tidak membelinya. Karena itu akan membuat saya menjadi orang yang boros. Karena bapak saya sudah pensiun jadi saya selalu diingatkan oleh ibu saya untuk mengontrol keuangan saya jangan terlalu kebanyakan jajan. Karena saya belum pernah dikasih uang dalam bentuk uang bulanan, jadi saya belum pernah merasakan mengatur uang yang dalam bentuk uang bulanan. Mungkin mengatur uang harian lebih mudah dibandingkan uang bulanan. Kalau seandainya saya disuruh untuk mengatur uang bulanan, saya harus benar- benar mengatur uang tersebut agar cukup untuk sebulan atau bahkan lebih baik lagi jika uang tersebut sisa lebih. Kalau dari kecil sudah diajarkan untuk mengatur uang, maka saat sudah kerja nanti saat mendapatkan gaji sudah tidak kaget lagi untuk mengatur uang tersebut untuk apa- apa saja. Apalagi saat sudah berkeluarga, perempuan sangat diharapkan untuk bisa mengatur keuangan keluarga nya. Jika mengatur keuangan sendiri saja tidak bisa apalagi untuk mengatur keuangan keluarga nanti. Jadi belajarlah mengatur uang sejak dini, agar uang tidak dapat menguasai diri kita dan kita tidak bersifat boros.

0 komentar:

Posting Komentar