Kamis, 27 Oktober 2011

Opini mengenai krisi yunani

Setelah saya membaca kasus mengenai krisis Yunani sebenarnya saya sangat prihatin mengapa bisa sampai seperti itu. Padahal dahulu yunani dikenal sebagai pencetak filsuf ternama. Seandainya saja yunani modern tidak melupakan akan sejarah masa lampaunya, mungkin tidak akan seperti ini.
Menurut saya penyebab terjadinya Krisis Yunani adalah Pemerintahnya kurang mampu membangun pondasi ekonomi yang kuat, seperti masih adanya korupsi yang melanda negara tersebut. Pemerintah Yunani pun belum secara maksimal memberantas korupsi tersebut. Ini sangat berpengaruh pada keadaan perekonomian di Yunani. Selain korupsi, Pemerintahan Yunani mempunyai hutang yang cukup tinggi tetapi mungkin pandapatan pemerintah untuk membayar hutang kurang mencukupi.
Dari informasi yang saya baca ketidakstabilan di sebuah Negara kecil di Uni Eropa juga dapat mengganggu stabilitas mata uang kawasan ( euro ). Jadi Negara Eropa yang mata uangnya menggunakan euro secara otomatis juga akan terkena dampaknya dari Krisis Yunani ini.
Krisis Yunani ini bisa dilihat secara nyata dari berbagai aksi demo dan mogok masal yang dilakukan oleh rakyatnya, ini juga akan mengakibatkan perekonomian di Yunani semakin lumpuh karena rakyatnya saja sudah kontra dengan pemerintahannya.
Pemerintahan Yunani harus bertindak lebih tegas untuk memerangi Krisis Yunani ini,harus memperbaiki sistem perekonomiannya. Jika keadaan ini tidak ditanggulangi dengan cepat, maka negara- negara yang berdekatan dengan Yunani akan terkena dampaknya. Seperti Negara Italia, Spanyol dan Portugal.
Tetapi ternyata banyak Negara yang prihatin akan keadaan ini, dan akhirnya Yunani pun dibantu melalui dana talangan agar negara Yunani tetap bisa berdiri.

0 komentar:

Posting Komentar