Jumat, 06 April 2012

SKILL 2 : OBJECT OF PREPOSITION

An object of a preposition adalah noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) yang terletak setelah preposition (kata depan), seperti in, at, of to, by, behind, dan on yang befungsi membentuk sebuah prepositional phrase.
(English Version)
Contoh:
The trip (to the island) (on Saturday) will last (for three hours).

Kalimat diatas berisi tiga buah object of preposition; Island sebagai object of preposition dari to; Saturday sebagai object of preposition dari on dan three hours sebagai object of preposition dari for.

Padsa Structure Section TOEFL Test, object of preposition bisa membingungkan karena banyak yang menduga bahwa object of preposition adalah subject dari kalimat tersebut.

Contoh:

To Mike ____ was a big surprise.

(A) really
(B) the party
(C) funny
(D) when

Analisa:
• Dari kalimat diatas, harus dipahami bahwa Mike (noun) bukalah Subject tapi object of preposition dari To.
• Subject dari kalimat diatas tidak ada, sedangkan Verbnya adalah was.
• Karena yang dibutuhkan adalah Subject, maka jawaban terbaik adalah (B), the party. Sedangkan (A), (C), dan (D) salah karena mereka bukanlah Subject.

Harus dingat bahwa:
Preposition diikuti oleh noun atau pronoun yang kemudian disebut object of preposition.
Jika sebuah kata adalah object of preposition, maka kata tersebut bukanlah sebuah Subject.
Exercise 2:

1. The name of the baby in the crib is Jack. (C)

Analisa:
• The Crib bukanlah subjedct, tapi hanyalah Object of Preposition dari in.
• Sedangkan Subjectnya adalah name dan Vernya adalah is.
2. By the next meeting of the class need to turn in the papers.( I)

Analisa:
• the class bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari of.
• Kalimat diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki verb yaitu need to turn.
• Kalimat yang benar seharusnya By the next meeting of the class they need to turn in the paper.
3. The directions to the exercise on page 20 unclear.

Analisa:
• page 20 bukanlah subject, tapi hanya object of preposition dari on.
• Kalimat diatas memiliki Subject yaitu the directions, tapi tidak memiliki Verb.
• Adapun kalimat yang benar adalah The directions to the exercise on page 20 are unclear.
4. Because of the heavy rain throughout the night, the walkways are muddy.

Analisa:
• Subjectnya adalah the walkways dan Verbnya adalah Are. Jadi kalimatnya sudah benar.
• The heavy rain throughout the night hanyalah object of preposition dari because of.
5. During the week eat lunch in the school cafeteria.

Analisa::
• the week bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari during.
• Kalimat diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki Verb yaitu eat.
• Kalimat yang benar mungkin During the week, they eat lunch in the school canteen.
6. In the morning after the concert was tired.

Analisa:
• the concert bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari after.
• Kalimat diatas tidak meiliki Subject, tapi sudah memiliki Ver yaitu was.
• Kalimat yang benar adalah: In the morning after the concert he was tired.
7. In the summer the trip to the mountains is our favorite trip.

Analisa:
• the mountains bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari to.
• Kalimat diatas sudah memiliki subject yaitu the trip dan Verb yaitu is.
8. In a box on the top shelf of the cabinet in the hallway of the house.

Analysis:
• Semuanya adalah object of preposition.
• No Subject and No verbs.
9. With her purse in her hand ran through the door.

Analisa:
• her hand bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari in.
• Kalimat diatas tidak memiliki Subject tapi sudah memiliki Verb yaitu ran.
• Kalimat yang benar seharusnya: with her purse in her hand she ran through the door.
10. At 1:00 in the morning the alarm clock on the table beside the bed rang.

Analisa:
• the bed bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari beside.
• Kalimat diatas sudah memiliki subject yaitu the alarm clock dan Verb yaitu rang.




SUMBER :
http://www.belajartoefl.net/2012/02/structure-question-toefl-review.html

SKILL 1 : SUBJECT AND VERB

Kita semua tahu bahwa dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, harus ada minimal sebuah Subject dan sebuah Verb.

Problem yang biasanya muncul sehubungan dengan Subject dan Verb adalah:
1. Subject atau Verbnya tidak ada.
2. Subject dan Verbnya tidak ada, atau
3. Extra Subject and Extra Verb.
Contoh 1:

....................was ringing continuously for hours.

(A) Loudly
(B) In the morning
(C) The phone
(D) The bells

Analisa:
• Kalimat di atas memiliki Verb yaitu was ringing, tapi tidak memiliki Subject.
• Dari pilihan jawaban; (A) Loudly dan (B) In the morning salah karena keduanya adalah adverb. Jawaban (D) The bells juga salah karena bells adalah plural dan tidak sesuai dengan was ringing yang berbentuk singular verb. Jawaban terbaik adalah (C) The phone karena phone singular verb dan sesuai dengan singular verb was ringing.

Contoh 2:

Newspapers _______ every morning and every evening.

(A) delivery
(B) are delivered
(C) on time
(D) regularly

Analisa:
• Kalimat diatas memiliki Subject yaitu Newspapers, tapi tidak memiliki Verb.
• Jawaban (A) delivery, (C) on time dan (D) regularly adalah salah karena mereka bukan subject. Jawaban (B) are delivered benar karena mereka adalah verb.
Contoh 3:

The plane __________ landing at the airport in five minutes.

(A) it is
(B) it really is
(C) is descending
(D) will be

Analisa:
• Kalimat diatas memiliki Subject The plane dan kata kerja landing. Tapi kata kerja landing belum lengkap (not complete verb) dan harus memiliki tobe is untuk menjadikan kata kerja itu kata kerja yang lengkap (complete verb).
• Jawaban (A) it is dan (B) it really is salah karena akan ada double Subject it dan plane. Jawaban (C) is descending salah karena ada double subject descending dan landing.
• Jawaban terbaik adalah (D) will be karena kalau will be di gabungkan dengan landing akan menjadi complete verb.
EXERCISE 1:

Find the subjects and the verbs in each of the following sentences. Then indicate if the sentences are correct (C) or incorrect ( I ).

1. My best friend always helpful with problems. ( I )

Analisa:
• Subject dari kalimat ini adalah My best friend, tapi tidak memiliki Verb is.
• Kalimat yang benar seharusnya My best friend is always helpful and with problems.
2. The bus schedule has changed since last week. (C)

Analisa:
• Kalimat diatas sudah memiliki Subject The bus dan juga memiliki Verb has changed
3. Accidentally dropped the glass on the floor. ( I )

Analisa:
• Kalimat diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki verbs dropped.
• Kalimat yang benar seharusnya adalah Accidentally she or he dropped the glass on the floor.
4. The customer paying the clerk for the clothes. (I)

Analisa:
• Kalimat diatas sudah memiliki Subject the customer dan part of verb paying. Kalimat diatas membutuhkan tobe untuk menjadikannya complete verb.
• Kalimat yang benar seharusnya adalah The customer is paying the clerk for the clothes.
5. The professor handed the syllabus to the students. (C)

Analisa:
• Kalimat diatas sudah memiliki Subject professor dan Verb handed.




Sumber :http://www.belajartoefl.net/2012/02/structure-question-toefl-review.html

SKILL 8 : NOUN CLAUSE CONNECTOR/ SUBJECT

Di skill 8 (Noun clause connector/subject), Noun Clause Connector tidak hanya berfungsi sebagai Connector tapi pada saat yang bersamaan juga berfungsi sebagai Subject. Perhatikan kalimat di bawah ini:


Analisa:

Pada kalimat pertama terdapat dua kalimat/klausa: I know dan what happened yesterday. Kedua kalimat ini di hubungngakn oleh Connector what.


Pada kalimat ke dua (what happened yesterday) dari kedua contoh di atas. What juga berfungsi sebagai Subject dari kalimat tersebut. Sedangkan happened berfungsi sebagai verb.

Perhatikan contoh di bawah ini.
The company was prepared for ________ happened with the economy.

(A) it
(B) the problem
(C) what
(D) when

Analisa:
•Kalimat diatas memiliki dua buah klausa yaitu "The company was prepared for" dan " ........... happened with the economy.
•Klausa ke dua "................happened with the economy" kurang lengkap karena belum memiliki subject sekaligus connector yang berfungsi menghubungkan kedua kalimat.
•Jawaban yang tepat adalah what (c) karena ini bisa berfungsi sebagai Subject dan connector.
Chart dibawah ini menunjukan bagaimana Noun clause connectors/subject di gunakan dalam kalimat.


EXERCISE 8:

Perhatikan soal-soal dibawah ini dan tentukan apakah kalimatnya benar (Correct) atau salah (Incorrect).

1. The teacher heard who answered the question. (C)

Analisa:
• Kalimat pertama "The teacher heard" benar karena The teacher subject and heard verbnya. Kalimat kedua "Who answered the phoned" juga benar karena who berfungsi sebagai subject and answered sebagai verbnya. Pada saat yang bersamaan Who juga berfungsi sebagai connetor.
• Jadi kalimat di atas sudah benar.

2. I do not understand it went wrong. (I)

Analysis:
• Kalimat pertama "I do not understand" sudah benar karena I subject dan do not understand verb. Kalimat kedua "it went wrong" salah karena tidak ada connector sekaligus subject.
• Kalimat yang benar seharusnya: I do not understand what went wrong.What berfungsi sebagai subject dan juga connector, sementara went nya sebagai verb,

3. Of the three movies, I can’t decide which is the best. (C)

Analisa:
• Di kalimat pertama, I sebagai Subject dan can't decide sebagai verb. Di kalimat kedua, which sebagai connector sekaligus subject dan is sebagai verb,

4. She did not remember who in her class. (I)

Analisa
• Di kalimat pertama, She sebagai subject dan did not remember sebagai verb. Dikalimat kedua, who sebagai connector dan juga subject tapi tidak ada verbnya,
• Kalimat ayng benar seharusnya .................who was in her class.

5. No one is sure what did it happen in front of the building. (I)

Analisa:
• Kalimat pertama sudah benar karena No one adalah subject dan is adalah verb, tapi kalimat kedua salah karena ada did dan it. Did dan it seharusnay di hapus dan verb "happen" menjadi bentuk lampau "happened".
• Jadi kalimat yang benar seharusnya: .......what happened in front of the building.

6. We found out which was her favorite type of candy. (C)

Analisa:
• Di kalimat pertama, We sebagai Subject dan found out sebagai verb. Di kalimat kedua which sebagai connector sekaligus sebagai subject sementara verbnya adalah was.

7. Do you know what caused the plants to die? (C)

Analisa:
• Di kalimat pertama you sebagai subject dan know sebagai verb. Di kalimat kedua, what sebagai connector sekaligus sebagai subject sementara verbnya adalah cause.

8. I am not sure which it is the most important course in the program. (I)

Analisa:
• Kalimat kedua salah karena double subject: which dan it. It nya di hilangkan sehingga which berfungsi sebagai subject sekaligus connector.

• Kalimat yang benar seharusnya which is the most important course in the program.

9. We thought about who would be the best vice president.(C)

Analisa:
• Di kalimat pertama, We sebagai subject dan thought about sebagai verb. Dikalimat kedua Who sebgaai connector sekaligus sebagai subject sedangkan verbnya adalah would be.

10. She saw what in the box in the closet. (I)

Analisa:
• Kalimat pertama "She saw" sudah benar. Kalimat kedua what sebagai connector sekaligus sebagai subject, tapi verbnya tidak ada. Jadi kalimat di atas salah.
• Kalimat yang benar seharusnya: what is in the box in the closet.






Sumber : http://www.belajartoefl.net/2012/02/structure-question-toefl-review.html

SKILL 10 : ADJECTIVE CLAUSE CONNECTOR/ SUBJEK

Di Skill 9 dijelaskan bahwa Adjective Clause Connector (whom, which, that) hanya digunakan sebagai connector. In skill 10, Adjective clause connector (who, which, that) tidak hanya berfungsi sebagai connector tapi pada saat bersamaan juga berfungsi sebagai subject.

Perhatikan dua contoh kalimat di bawah ini:
.

Di contoh pertama, ada dua buah klausa/kalimat:
• We are looking at the house. We merupakan subject untuk Verb are looking for, dan that yang merupakan subject untuk verb is. Kedua kalimat.klausa ini juga di hubungkan dengan sebuah connector yaitu that. Berarti bahwa THAT mempunyai dua fungsi sebagai subject dan connector.
Pada contoh kedua, juga ada dua buah kalimat/klausa:
• The house yang merupakan subject untuk verb Seems, dan that yang merupakan subject untuk verb is. That mempunyai dua fungsi, sebagai Subject untuk verb is dan connector yang menghubungkan kedua klausa tersebut.
Berikut ini adalah contoh penggunaan Adjective clause connector/subject dalam soal TOEFL Test.

______ just dropped off a package for you is my sister.


(A) The woman
(B) The woman who
(C) Because the woman
(D) With the woman

Analisa:
• Kalimat di atas memiliki dua Verb; dropped dan is, tapi belum memiliki subject.
• Jawaban yang paling tepat adalah (B) The woman who. Woman merupakan subject untuk verb is dan who merupakan subject untuk verb dropped. Who also function as connector yang menghubungkan kedua klause/kalimat tsb.
Chart dibawah ini menunjukan bagaimana menggunakan adjective clause connector/subject.




EXERCISE 10:

Read the following sentences and check if they are correct or incorrect
1. The children that were vaccinated did not get sick. (Correct)

2. I did not vote for the politician who he just won the election. (Incorrect)
•Correct Answer: I didn't vote for the politician who just won the election
3. The dog that barking belongs to my neighbor. (Incorrect)
•Correct answer: The dog that is barking belongs to my neighbor.
4. I took two of the blue pills, which were very effective. (Correct)
5. We rented an apartment from the landlord who does he own the buildings on Maple Street. (Incorrect)
• We rented an apartment from the landlord who owns the building on Maple Street.
6. She forgot to attend the meeting which it began at 11:00. (Incorrect)
•Correct Answer: She forgot to attend the meeting which began at 11:00
7. Any student who does not turn in the paper by Friday will fail the class. (Correct)

8. The people which came in late had to sit at the back. (Incorrect)
•The people who came in late had to sit at the back.
9. The courses that satisfy the graduation requirements they are difficult. (Incorrect)
•Correct Answer: The courses that satisfy the graduation are difficult.
10. After dinner she went to visit her parents, who were living down the street. (Correct)


sumber :http://www.belajartoefl.net/2012/02/structure-question-toefl-review.html

SKILL 9 : ADJECTIVE CLAUSE CONNECTOR

1. a. This is the house (first clause)
b. I want to buy the house (second clause)

Kalau kedua clause tersebut kita gabungkan, maka menjadi: this is the house (that) I want to buy

Analisa:
• This adalah Subject dan Is adalah Verb nya. Sedangkan Clause kedua, I adalah subject dan want adalah Verbnya. That berfungsi sebagai Connector yang menghubungkan kedua Clause diatas.

2. a. The house is quite expensive (first clausa)
b. I want to buy the house (second Klausa)

Kalau kedua clause tersebut digabung, maka menjadi:
The house that I want to buy is quite expensive
Analisa:
• house adalah subject dan is adalah verb untuk clause pertama. I adalah subject dan verbnya adalah want. Kedua kalimat ini digabungkan dengan adjective clause connector that.
Perhatikan contoh soal TOEFL tentang adjective clause connector dibawah ini.

Example

The job _____ started yesterday was rather difficult.

(A) when
(B) was
(C) after
(D) that he
Analisa:
• Ada dua clauses pada kalimat di atas.
• Clause pertama: Job sebagai subject dan was sebagai verb.
• Clause yang kedua: belum ada subjectnya sedangkan started sebagai verb.
• Karena ada dua clauses, juga di butuhkan Connector untuk memnghubungkan mereka.
• Jawaban terbaik adalah (D) that he karena he merupakan subject untuk kata kerja started dan connector that untuk menghubungkan kedua clause tersebut.
Perhatikan chart untuk adjective clause connectors dan sentence patterns dibawah ini:




EXERCISE 9:

Perhatikan soal di bawah ini. Masing masing kalimat memiliki lebih dari satu clause. Perharikan Subject dan verb dari tiap-tiap clause dan juga connectornya. Check apakah kalimat di bawah ini benar atau salah.

1. I did not believe the story that he told me. (Correct)

Analysis:

First Clause : I did not believe the story
Second Clause : He told me
Adjective clause connector : that

2. Ms. Brown, whom did you recommend for the job, will start work tomorrow.(Incorrect)

Analysis:

First clause : Ms. Brown will start work tomorrow
Second clause : Did you recommend for the job (incorrect)
It should be you recommended for the job
Adjective clause connector : whom

The correct sentence is Ms. Brown, who you recommended for the job, will start work tomorrow.

3. The lecture notes which lent me were not clearly written.(I)

Analysis:

First clause : The lecture notes were not clearly written
Second clause : lent me (incorrect)It should be I lent
Adjective clause connector : which

The correct sentence is the lecture notes which I lent were not clearly written

4. Sally has an appointment with the hairdresser whom you recommended. (C)

Analysis:

First clause : Sally has an appointment with the hairdresser
Second clause : you recommended
Adjective clause connector : whom

5. The phone number that you gave me.

Analysis:

First clause : The phone number (incorrect: no verb)
Second clause : you gave me
Adjective clause connector : that
The correct sentence is The phone number that you gave me was wrong

6. She is able to solve all the problems which did she cause.(I)

Analysis:

First clause : She is able to solve the problems
Second clause : did she cause (incorrect) It should be she caused
Adjective clause connector : which
The correct sentence : She is able to solve all the problems which she caused

7. The day that she spent on the beach left her sunburned. (C)

Analysis:

First clause : The day left her sunburned
Second clause : she spend on the beach
Adjective clause connector : that

8. Next week I am going to visit my cousins, whom have not seen in several years.(I)

Analysis:

First clause : Next week I am going to visit my cousins
Second clause : have not seen in several years (incorrect)It should be I have not seen in several years
Adjective clause connector : whom
The correct sentence is Next week I am going to visit my cousins, whom i have not seen in several years

9. Did you forget the promise whom you made? (C)

Analysis:

First clause : Did you forget the promise
second clause : you made
Adjective clause connector : whom

10. The teacher whom the students like the most is their history teacher. (C)

Analysis:

First clause : The teacher is their history teacher
Second clause : the students like the most
Adjective clause connector : whom





Sumber : http://www.belajartoefl.net/2012/02/structure-question-toefl-review.html